But, Seriously…

Daily Diets of an Ephemeral Cultural Stalker

COVER TO POWER! (3): AMERICAN SPLENDOR no. 1, by Robert Crumb

leave a comment »

Salah satu seri terpenting dalam sejarah komik underground Amerika, seri American Splendor karya Harvey Pekar dan kawan-kawan. Kata “dan kawan-kawan” penting dalam seri ini, karena Harvey Pekar sama sekali tak bisa menggambar. Ia “hanya” punya cerita, dan insting yang bagus dalam menggunakan bahasa visual. Maka cerita-ceritanya selalu digambar oleh beragam penggambar.

Rekan penggambar yang pertama dari Pekar adalah Robert Crumb, yang pada saat itu (1976) telah jadi legenda besar di dunia komik underground Amerika, bahkan dunia. Harvey Pekar bilang, Crumb adalah salah seorang penggambar terbaik di dunia –dan itu tak berlebihan. Pekar sendiri dianggap Crumb salah seorang penulis cerita otobiografis terbaik dalam komik. Ini juga tak berlebihan.

Sejak nomor satu ini, terlihat ketajaman Pekar dalam (1) bertutur, (2) memberdayakan unsur-unsur komik. Salah satunya adalah bagaimana Pekar memberdayakan sampul sebagai salah satu halaman cerita satu halaman, yang berfungsi sekaligus menjadi etalase isi komiknya sendiri. Dalam American Splendor no. 1, fungsi “etalase” dan “one pager” itu sudah dilaksanakan. Banyak info berjejal di sampul ini: judul seri, nomor seri, harga komik ($1), jumlah halaman (“52”, ada di pojok kanan bawah), juga nama-nama seniman komik yang terlibat di nomor ini (di etalase jendela sebelah kiri pembaca). Bahkan sempatnya Pekar/Crumb menyisipkan keterangan “adult only” dan semacam monolog Crumb di pojok kiri atas yang menyatakan supaya calon pembeli jangan “tertipu”, karena Crumb hanya menggambar dua halaman saja di dalam nomor ini.

Satu lagi yang saya suka: desain dan pewarnaan, secara keseluruhan, gonjreng banget! Efektif untuk menyatakan diri bahwa “ini adalah komik”, sekaligus merebut perhatian (calon) pembaca.

Written by hikmatdarmawan

April 16, 2010 at 10:31 am

Posted in Komik

Tagged with , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: