But, Seriously…

Daily Diets of an Ephemeral Cultural Stalker

COVER TO POWER! (4): GARUDA MAS, Menghantjurkan Sarang Piring Terbang – King

leave a comment »

Di tempat saya mengambil gambar sampul ini, blog “Sang Kolektor“, saya tak menemukan keterangan apa pun tentang komik ini, kecuali nama pengarang  sekaligus (rupanya) penggambar (yang bernama “King”). Karena saya menikmati cover ini sebagai cover saja, maka saya tak apa dengan minimnya info tentang komik ini (saya bisa cari kelengkapannya kemudian).

Tentu saja, cover ini –tepatnya, tokoh jagoan bernama Garuda Mas itu– adalah comotan (rip off) dari Superman: jubah merah dan kostum biru, dengan pose terbang yang mirip sekali dengan ratusan atau ribuan pose terbang dalam komik-komik Superman yang digambar Wayne Boring atau Curt Swan. Toh gambar cover ini menyimpan nilai kekriyaannya sendiri: komposisi yang tepat dan kontras warna yang “norak” dan dengan mudah menarik perhatian calon pembaca, serta adegan dramatis –walau, yang aneh, tokoh utamanya kok memunggungi pembaca.

Yang terutama membuat saya jatuh suka adalah gambar naganya. Gambar naga itu mengingatkan saya pada komik-komik Zam Nuldyn yang fantastis, yang sering mengeksplorasi bentuk-bentuk naga secara kuat. Naga adalah makhluk mitis dalam dongeng-dongeng timur (khususnya, Cina) yang secara visual adalah sebuah bentuk stilisasi dari makhluk melata seperti ular, kadal, dan komodo. Sisik-sisik naga membuat penggambar naga mesti hati-hati dan telaten. Apalagi bagian wajah naga yang biasanya sangat “dekoratif”. Zam Nuldyn telah menggambar naga-naga fantasinya dalam tingkatan master yang mumpuni, sehingga bahkan makhluk yang sangat distilisasi itu bisa memiliki kesan tiga dimensi dan menggetarkan karena berhasil menerbitkan kesan keraksasaan yang efektif.

Gambar naga di sampul ini juga cukup efektif. Gambar gedung-gedung di belakang naga itu memberi kesan kekotaan adegan ini, sambil tampak sedikit ngartun karena penyederhanaan gambaran kota/pencakar langit yang hancur itu.

Judul di sampul ini memberi tanda bahwa komik ini terbit sebelum 1972, karena masih menulis “c” dengan “tj” dalam “Menghantjurkan”. Saya tersenyum membaca kalimat “Sarang Piring Terbang” di situ. Piring terbang kok punya “sarang”, memangnya burung?

Written by hikmatdarmawan

April 16, 2010 at 10:46 am

Posted in Komik

Tagged with

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: