But, Seriously…

Daily Diets of an Ephemeral Cultural Stalker

COVER TO POWER! (5): SOIL no. 1, by Kaneko Atsushi

leave a comment »

Dengan segala kebesarannya (atau mungkin justru karena kebesarannya), industri komik/manga di Jepang terhitung kurang memerhatikan perkembangan seni sampul bagi komik-komiknya.

Seni sampul manga umumnya mengandalkan seni gambar saja –itu pun biasanya dengan kurang memerhatikan komposisi atau tatawarna. Kebanyakan manga hanya menggambarkan salah satu karakter yang diceritakan, kadang petikan adegan yang bertumpu pada reaksi si karakter itu, plus judul dan keterangan buku lainnya. Seni huruf dan desain halaman kurang diperhatikan.

Sampul komik seri Soil nomor 1 karya Kaneko Atsushi ini menjadi menonjol di mata saya, karena sampul ini dirancang penuh pertimbangan dan perhatian. Tentu saja gambar dalam sampul ini memang unggul, tapi gambar sebuah keluarga Jepang tipikal kelas menengah di perkotaan mereka yang tampaknya ideal dan gayeng ini, yang tampak sedang di foto dalam salah satu momen keseharian mereka, seperti menyimpan sesuatu. Suasana domestik pagi hari mencuat oleh detail ruangan yang kuat tanpa “berteriak”: minuman dan makanan cemilan di meja, dapur di belakang sana, foto-foto di dinding. Tapi, ada apa di balik semua itu? Mengapa saya merasa ada sesuatu di balik semua itu? Barangkali pewarnaan abu-abu yang memupur rata adegan ini?

Setelah membaca keterangan tentang komik ini (antara lain, di sini), dugaan saya dibenarkan: ini adalah sebuah cerita horor/fantasi, tentang misteri hilangnya sebuah keluarga yang tampak ideal dalam kehidupan keseharian mereka. Ah, saya ingin sekali membaca terjemahannya. Tapi, kalau saya ketemu manga-nya dalam bahasa Jepang pun, saya tak keberatan membelinya –seperti yang saya lakukan berkali-kali (walau saya kurang mendalami manga) terhadap beberapa judul manga yang telah membuat saya kepincut.

Satu lagi yang saya anggap sentuhan ciamik pada sampul komik ini adalah aksara judul berbahasa Inggris — “Soil“– yang dibuat putih transparan. Cerdas.

Written by hikmatdarmawan

April 16, 2010 at 11:44 am

Posted in Komik

Tagged with ,

Leave a Reply

