But, Seriously…

Daily Diets of an Ephemeral Cultural Stalker

Silsilah Donald Bebek

with 4 comments

Sewaktu SD-SMP dulu, awal 1980-an, saya sering berlari-lari dari sekolah, mengejar film-film untuk anak yang diputar sore hari. Salah satu yang saya kejar, selain The Muppet Show, tentu saja serial kartun Disney. Dalam serial itu, di samping Mickey Mouse, Pluto, dan Goofy, tentu saja Donald Duck bintangnya. Si pengomel yang selalu apes. Si iseng yang selalu “melawan dunia”. Tentu, komiknya (diterbitkan dalam bentuk majalah, oleh Gramedia) jadi bagian hidup saya juga waktu itu. Komik Donald Bebek atawa Disney tak menjadi objek koleksi secara obsesif oleh saya waktu itu –tapi, kalau tak ada, rasanya ada yang kurang. Dunia Donald penuh karakter aneka warna: Paman Gober, Kwik Kwak Kwek, si Untung, Desi, dsb. Ternyata, dunia itu lebih luas dari yang saya kira dulu, ya.

Written by hikmatdarmawan

June 3, 2010 at 4:02 am

Posted in Uncategorized

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. oh, oh *terharu* ini salah satu momen kebahagiaan kecilku, bung Hikmat. Menelusuri kisah hidup keluarga bebek ini dan menemui fakta2 kecil yang terserak di seantero kisah “The Life and Times of Scrooge McDuck”. Misalnya [1] adik bungsu Gober bertemu dan pacaran dengan adiknya Dora (Nenek Bebek) dan sama-sama pemarahnya. Hasilnya: Donal. (di titik … See Moreinilah persinggungan keluarga McDuck dan Kornelis Prul), lalu [2] ada sisi tragis dari Gober yang diam-diam selalu merindukan ibunya, dan ketika mudik sudah meninggal. [3] Gober bertemu banyak tokoh dunia, dan pernah memukul mundur pasukan AS pimpinan Teddy Roosevelt. [4] Gober jualan sapi untuk kerapan sapi dan terlibat intrik Sultan Jogja vs Sultan Solo (Susuhunan Paku Buwono IX jadi antagonis), pas di masa Krakatau meletus [5] dll. 🙂 🙂

    IfanIsmail

    June 3, 2010 at 10:44 am

  2. @lfanismail: boleh minta info di edisi mana yang ada intrik Gober dengan Sultan Jogja-Solo? thanks!

    Indrawan Prabaharyaka

    August 18, 2010 at 7:23 am

  3. @Indrawan: ada di cerita yang judulnya “The Cowboy Captain of the Cutty Sark”. Gober masih muda dan memulai usaha jualan sapi. Dengan menumpang kapal Cutty Sark dia mengantar pesanan sapi2 tanduk panjang untuk digunakan sang Sultan Jogja (ada yang meleset di komik ini; ditulisnya Mangkunegara, harusnya Jogja ya dari dulu Hamengkubuwono kan?) dalam kerapan sapi antar keraton. Susuhunan Paku Buwono IX diam-diam berusaha menggagalkan transaksi itu.

    Emang yang satu ini tidak termasuk dalam kompilasi “The Life and Times of Scrooge McDuck”, tapi termasuk cerita antara (companion-nya).

    Kalau mau komiknya langsung, ada lho. Cari aja di URL disneycomics.free.fr dan cari yang karya2 Don Rosa. Di halamannya, komik nomor 68. 😀

    IfanIsmail

    August 19, 2010 at 11:26 am


Leave a comment