But, Seriously…

Daily Diets of an Ephemeral Cultural Stalker

I’VE LOST MY TOY-VIRGINITY

with 2 comments

Oke, judul di atas tentu saja berlebihan. Saya tak “virgin-virgin” amat lah soal mainan. Dulu, waktu kelas 4 atau 5 SD, saya pernah mengoleksi dengan (niat) serius mobil-mobilan dari kaleng. Tapi, seiring berjalannya waktu, minat saya berkembang dan kantung saya menipis. Saya harus membatasi. Maka demikianlah: saya hanya mengoleksi komik (Amerika, dan Eropa), novel, kaset.

Dan itu banyak. Saya tak bisa jadi kolektor yang telaten. Gemar saya: cap cip cup, comot sana comot sini, icip ini icip itu, tanpa jadi “completist”. Tapi, tetap saja: saya tak pernah membeli mainan lagi, apa itu action figure, miniatur mobil, dan semacamnya. Soal cinta dan politik saja kita harus memilih, apalagi soal beginian!

(Walau, saya sering sekali mengagumi mainan-mainan itu jika lewat di toko hobi atau gerai-gerai khusus di Indonesia. Atau, sering menikmati juga memandang mainan-mainan koleksi teman-teman saya. )

Lalu saya ke Jepang. Ke Nakano Broadway. Ke toko-toko hobi Mandarake, dan semacamnya. Ke toko-toko suvenir di pulau Miyajima, Hiroshima.  Ke Akihabara. Godaan, oh, godaan!

Sila ke: http://www.facebook.com/album.php?aid=65672&id=1070757592

Dan setelah kunjungan ketiga ke Akihabara, saya nyangkut di sebuah toko yang agak nyempil: toko mainan Golden Age, yang isinya mainan-mainan bekas. Mirip lah dengan toko-toko yang ada di Nakano Broadway. Atau Mandarake di Akihabara yang beberapa menit sebelumnya saya sambangi. Mainan-mainan yang menggoda. Merayu.

Dan, entah karena keramahan si bapak empunya toko, entah karena harga-harganya terhitung murah, atau entah apa, di pintu keluar, saya lihat kotak mobil mainan  bekas yang harganya 100-300 Yen.

Dan hilanglah “keperjakaan” saya.

*Catatan: kalau mau lihat lebih jelas, klik saja foto-fotonya.

Written by hikmatdarmawan

August 24, 2010 at 1:21 pm

Posted in Rupa-rupa

Tagged with , ,

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. keren: nendang *jdug*

    rika febriyani

    August 24, 2010 at 1:27 pm

  2. Wah, ente menemukan salah satu surga di dunia, mat

    achmad

    August 24, 2010 at 5:42 pm


Leave a Reply

